Sampaikan Pada Pasanganmu, Bahwa Aku Pernah Begitu Dalam Mencintaimu

Saat kita berpisah, pernah kukatakan padamu untuk memilih pasangan yang benar mencintaimu.
Karena aku tak rela kau disia-siakan.
Karena aku pernah begitu mencintaimu tanpa pengecualian.



Bila kau merindukanku atau pernah sekali saja memikirkanku, barangkali itu bukan kebetulan
Karena embun yang menetes di pagi hari pada sehelai daun pun, punya alasannya sendiri, kan?
Barangkali saja, itu memang waktumu untuk mengenang kita, yang tak seharusnya dilupakan begitu saja
Atau barangkali, aku memang sosok yang tak perlu kau gantikan.

Bila suatu saat pasanganmu bertanya perihal aku, jawablah dengan jujur
Bahwa dulu pernah ada seorang yang begitu dalam mencintaimu
Ia begitu tulus, sampai rela melepaskanmu karena ingin kau lebih berbahagia dibandingkan saat sedang bersamanya

Katakanlah padanya, bahwa aku akan mengutuknya menjadi apapun yang tak ia kehendaki, bila ia menyakitimu.
Sampaikan padanya, bahwa ia boleh cemburu pada sosokku. Namun tak perlu khawatir bahwa aku akan kembali padamu.
Karena aku tahu, kau tak pernah begitu dalam mencintaiku, untuk tetap tinggal dan berjuang bersama lagi.

—Tia Setiawati

Comments